Kamis, 11 September 2008

Penemuan Baru Dengan Membaca




Para Ilmuwan telah menemukan sesuatu yang baru yang berguna bagi banyak orang. Mereka sangat berjasa bagi masyarakat baik pada masa mereka hidup sampai sekarang. Penemuan mereka diabadikan dan digunakan sampai saat ini baik berupa ilmu teoritis tetapi juga aplikasi dari ilmu tersebut. Mereka sering mendapatkan penghargaan karena penemuannya. penghargaan tersebut biasanya berupa Nobel. Kita dapat mengambil contoh Ilmuwan yang telah sukses dalam penemuannya di bidang Sains, misalnya Albert Einstein. Dia adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan “pengabdiannya bagi Fisika Teoretis”. Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan jenius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia. Pada tahun 1999, Einstein dinamakan “Orang Abad Ini” oleh majalah Time. Kepopulerannya juga membuat nama “Einstein” digunakan secara luas dalam iklan dan barang dagangan lain, dan akhirnya “Albert Einstein” didaftarkan sebagai merk dagang.

Ada contoh lagi Ilmuwan yang juga berjasa dalam kehidupan manusia. Ia adalah Sir Isaac Newton. Sir Isaac Newton mungkin merupakan salah satu dari sedikit ilmuwan yang paling berpengaruh yang pernah hidup. Kita mengenal akrab nama ini dari teorinya tentang gravitasi. Namun demikian gravitasi bukanlah satu-satunya penemuan Newton yang monumental. Newton juga mewariskan kepada kita konsep tentang spektrum cahaya (dia yang pertama menemukan bahwa cahaya putih ternyata merupakan gabungan dari spektrum yang terdiri dari warna-warni pelangi). Ia juga tercatat sebagai penemu teleskop refleksi (nama "Refleksi" untuk weblog ini sebenarnya saya pilih atas karena mengingatkan saya atas teleskop tersebut). Begitu pula dengan hukum geraknya yang mampu menjelaskan banyak hal mengenai orbit benda-benda angkasa, termasuk bumi kita. Soal lahirnya hukum gravitasi ini memang memiliki banyak versi. Ada yang percaya bahwa gagasan tentang gravitasi muncul setelah sebuah apel jatuh menimpa kepalanya. Versi lain menyatakan bahwa sumber gagasan justeru saat ia melihat bulan yang menggantung di angkasa. Dalam biografinya malahan dikisahkan bahwa gagasan soal teori gravitasi lahir setelah ia teringat akan sebuah permainan di masa kecilnya: Sebuah ember penuh berisi air diputar kuat-kuat dalam sumbu vertikal sehingga air dalam ember tidak tumpah walaupun dalam posisi ember yang terbalik. Kini, lebih dari tiga ratus tahun setelah Newton merumuskan teori-teorinya, penemuannya masih tetap relevan. Semasa hidupnya, Newton mungkin tidak pernah membayangkan bahwa peluncuran roket dan perjalanan antar planet kini bisa dilakukan dengan berdasar kepada rumusan yang ditemukannya. Membaca biografi Isaac newton memang sangat mengasyikkan. Banyak hal yang memberikan inspirasi dari pribadi ilmuwan yang satu ini, walaupun sebagai manusia ia tidak luput dari berbagai kekurangan. Ketekunannya yang luar biasa, rasa ingin tahunya yang besar, ketelitiannya dalam melakukan riset adalah beberapa diantaranya.

Para Ilmuwan biasanya butuh inspirasi untuk dapat menemukan sesuatu. Mereka mendapatkannya tentu saja dengan mencari keterangan dari berbagai penemuan yang sekiranya sesuai dengan penemuan yang akan dilakukannya. Mereka tidak bisa menemukan dengan sendirinya tanpa referensi yang kuat. Mereka juga tidak bisa mengadakan penelitian untuk penemuannya tanpa mengetahui langkah-langkah yang tepat. Biasanya mereka mempelajari penemuan yang ditemukan oleh Ilmuwan sebelum mereka. Tentu saja mereka mempelajarinya dengan membaca teori dari buku dimana buku tersebut adalah hasil penemuan Ilmuwan terdahulu. Tetapi tidak semua Ilmuwan harus mempelajari terlebih dahulu penemuan milik orang lain. Ilmu pengetahuan tentang konsep-konsep dasar seharusnya telah dikuasai mereka. sebelum menguasainya mereka mempelajari dengan membaca dan membaca segala sesuatu yang terkait Ilmu pengetahuan. Mereka bisa menyempurnakan penemuan yang telah ditemukan Ilmuwan sebelum mereka. Mereka juga bisa menemukan sesuatu hal yang baru yang merupakan kelanjutan dari penemuan sebelumnya. Meskipun mereka bisa menemukan sendiri tanpa melihat teori milik orang lain, mereka tetap butuh teori tersebut tahu bagaimana cara agar karyanya memiliki peran mengembangkan ilmu pengetahuan dan juga akan lebih sempurna dibanding penemuan sebelumnya.

Ilmuwan berjasa bagi masyarakat, karena ilmunya dapat dipelajari dan di terapkan. Mereka juga dapat menyumbangkan sesuatu untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Mereka juga berperan sebagai jalan tol bagi perkembangan ilmu pengetahuan untuk menghindari kemacetan perkembangan ilmu pengetahuan. Maka kita sebagai manusia berakal sepatutnya ikut dalam memajukan perkembangan ilmu pengetahuan, meskipun hanya mempelajari teori yang sudah ada. Ilmu pengetahuan dapat berkembang jika semua orang tahu akan ilmu tersebut. Kita tidak harus menemukan sesuau hal yang baru seperti Ilmuwan. Dengan membaca kita dapat menjaga ilmu tersebut agar tidak akan hilang. Lebih baik lagi jika kita dapat mendistribusikan ilmu tersebut kepada masyarakat.

Penemuan tidak selalu di bidang sains tetapi dalam ilmu pengetahuan sosial juga terdapat banyak teori yang dikemukakan Ilmuwan sosial. Bukti dari itu semua adalah munculnya buku-buku Ilmu pengetahuan sosial yang beredar. Isi dalam buku-buku tersebut adalah penemuan dari Para Ilmuwan, begitu pula dengan Ilmuwan sains. Buku pelajaran sekolah juga hasil penemuan para Ilmuwan. Terdapat tokoh-tokoh yang mengemukakan teorinya dalam buku Sosiologi, Geografi, dan Sejarah. Teori-teori tersebut memiliki bukti-bukti yang kuat sehingga dapat dipercayai oleh masyarakat. Selain bukti Ilmuwan telah berulang-ulang melakukan penelitian untuk menguji ketelitian penemuannya agar tidak salah dan memiliki bukti secara nyata.

Perkembangan Ilmu pengetahuaan sangat pesat dari tahun ke tahun. Itu dapa dipacu dengan munculnya penemuan-penemuan baru. Buku-buku yang isinya Ilmu baru banyak beredar yang mana penulisnya juga baru saja muncul. Berarti ia adalah salah satu penemu yang berjasa bagi masyarakat. Tidak hanya Ilmu baru yang beredar, tetapi ilmu-ilmu yang telah ada dituliskan lagi dengan beberapa perubahan cara penulisannya, tetapi isinya sama. Buku ilmu pengetahuan tersebut dapat dibaca oleh semua kalangan karena memelajari ilmu tidak ada batasnya. Maka membaca sangat penting bagi semua kalangan karena seseorang akan berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Seorang guru dapat menjadi seorang Ilmuwan apabila ia aktif menulis buku yang kemudian diterbikan. Ia dapat menulis buku untuk para siswa atau masyarakat umum. Ia dapat menulis buku-buku pelajaran. Biasanya dalam pembuatan buku tersebut mereka bekerja secara tim, tetapi jika secara individu pun bukan masalah. Demi mengembangkan ilmu pengetahuan mereka dapat menemukan sesuatu yang mudah dipelajari siswanya. misalnya membuat rumus rumus praktis, membuat kumpulan soal, bahkan menulis buku pedoman belajar untuk siswa. Guru juga dapat bereran dalam masyarakat, jika menemukan sesuatu yang memudahkan dan berguna bagi orang lain dalam aktifitas mereka.

Para siswa sangat butuh membaca karena untuk meperoleh ilmu dengan membaca. Mereka dapat menemukan buku-buku tersebut di perpustakaan. Perpustakaan merupakan tempat untuk membaca yang paling tepat. Mereka dapat menemukan sesuatu hal baru bagi dirinya. Mereka belum tahu ilmu dari buku yang dibaca sebelum membaca, mereka akan tahu setelah mereka membacanya. Hal ini merupakan hal yang baru dipelajari oleh siswa tersebut. Akhirnya mereka dapat menguasai ilmu tersebut. Hal ini merupakan penemuan baru dengan membaca. Dengan membaca, mereka dapat menemukan sesuatu yang baru. Mereka juga dapat mengaplikasikan ilmunya dalam masyarakat. Jika mampu, mereka dapat menggunakan ilmunya untuk menemukan ilmu baru yang berguna bagi masyarakat.

Seseorang dapat berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain dengan membaca. Mereka telah menemukan sesuau yang berguna bagi orang lain karena mereka terinspirasi dari membaca buku.

Seseorang tidak harus menjadi seorang Ilmuwan bagi orang lain tetapi alangkah baiknya jika seseorang mau menjadi Ilmuwan bagi dirinya sendiri. Kalimat tersebut memiliki makna bahwa seseorang harus membaca dan membaca untuk menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya saja tidak harus menemukan sesuatu hal yang baru yang berguna bagi masyarakat. Menjadi Ilmuwan untuk diri sendiri sudah cukup baik, daripada menjadi penghambat perkembangan Ilmu pengetahuan. Seseorang dapat menemukan hal yang baru untuk dirinya sendiri dengan membaca.

Produced by aa nasa

Tidak ada komentar:

Tinggalkan Pesanmu...